Tuesday 2 July 2013

Aku Tulis Puisi Ini

oleh : Agus Kurniawan
Aku tulis puisi ini
Karena aku resah pada bangsa ini
Bangsa macam apa ini
Segala sesuatu bisa dibeli dengan uang
Semua orang dimana mana
Sibuk menuhankan uang

Aku tulis puisi ini
Karena aku berkeluh kesah
Pada bangsa ini
Semua orang sibuk mencari kekuasaan
Sementara pendidikan masih saja terbengkalai
Rakyat menjadi korban kemunafikan
Yang masih saja pasrah atas segala penindasan

Aku tulis puisi ini
Aku resah kepada saudaraku
Di pinggir jalan sana
Yang hanya bisa menyaksikan
Badut badut serakah bermunculan di layar televisi
Sedangkan kesejahteraan
Masih saja di abaikan

Aku tulis puisi ini
Karena para penegak hukum
Semua kecanduan uang
Palu seorang hakim pun
Terdengar agak sedikit sumbang
Karena satu ketukan palu seorang hakim
Kini berharga ratusan juta

Aku tulis puisi ini
Untuk mereka yang buta akan moral
Saudaraku di luar sana banyak yang kelaparan
Sedangkan para penguasa di negeri ini
Bersenda gurau di atas mimbar
Yang dibicarakan hanyalah janji dan janji

Aku tulis puisi ini
Agar mereka semua sadar
Bahwa bangsa ini bukan milik mereka
Yang punya uang dan kekuasaan
Bangsa ini milik kita bersama
Kita terlahir dari rahim ibu pertiwi
Yang punya dasar negara Pancasila
Bukan berdasar kekuasaan semata