Wednesday 2 January 2013

Pengetahuan Tentang Ilmu Akhirat

Di dunia ini ada bermacam-macam pengetahuan, seperti pengetahuan tentang kesehatan, ekonomi, tekhnik, pertanian, peternakan dan sebagainya yang kesemuanya itu penting untuk kehidupan manusia.

Akan tetapi diantara pengetahuan-pengetahuan tadi masih ada satu lagi ilmu pengetahuan yang paling penting yang harus diketahui oleh manusia, yaitu pengetahuan tentang alam akhirat. Dikatakan paling penting karena kehidupan akhirat itu lebih besar, lebih kekal, lebih utama dan lebih segala-galany apabila dibandingkan dengan kehidupan dunia.

Antara ilmu pengetahuan biasa dengan ilmu pengetahuan akhirat mempunyai beberapa perbedaan yang sangat prinsip. Perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya :
-         Ilmu pengetahuan biasa hanya mengantarkan manusia ke dalam kebahagiaan dan kesenangan hidup yang sementara, sedangkan ilmu pengetahuan akhirat menghantarkan manusia ke dalam kebahagiaan dan kesenangan yang kekal dan abadi.
-       Ilmu pengetahuan biasa mempelajari hal-hal yang sudah terjadi dan sudah jelas fakta-faktanya, sedangkan ilmu pengetahuan akhirat mempelajari tentang hal-hal yang belum terjadi dan belum terbukti kejadiannya.
-  Ilmu pengetahuan biasa bersumber dari penyelidikan atau pengamatan manusia, sedangkan ilmu pengetahuan akhirat bersumber dari kitab suci.

Adalah jelas sekali pengaruhnya orang-orang yang mempelajari ilmu pengetahuan tentang alam akhirat kemudian mempercayai segala macam kejadian atau peristiwa yang terjadi di dalamnya dibandingkan dengan orang yang tidak mau mempelajari apalagi mempercayainya.

Seseorang yang mempercayai kehidupan akhirat, maka segala tingkah laku dan perbuatannya senantiasa ditujukan untuk mencapai kebahagiaan hidup di akhirat itu. Sedangkan bagi orang-orang yang mengingkari akan adanya kehidupan di akhirat, maka yang dipikirkannya adalah kesenangan hidup di dunia saja. Sehingga untuk mencapai kesenangan itu ia tidak segan-segan untuk melanggar larangan-larangan yang telah ditetapkan, asal saja kesenangan yang dikejarnya itu bisa tercapai.

Akan tetapi yang lebih penting dari itu semua, dengan mempercayai dan meyakini akan adanya kehidupan di akhirat itu, maka hendaknya dapat menggugah hati kita untuk lebih bersemangat dalam beramal dan mendekatkan diri kepada_Nya.