Punya blog yang didatangi oleh pengunjung tetap mempunyai banyak keuntungan. Salah satu keuntungan yang jelas adalah memudahkan pebisnis online memasarkan produknya. Mau jualan apa saja kemungkinan besar bisa sukses. Kenapa? Karena sudah ada market spesifik yang sesuai dengan niche yang anda tekuni. Boleh jadi pada awal-awal mereka berkunjung hanya say hello lalu kabur begitu saja. Tapi kalau tiap hari mereka dicekoki dengan pemikiran-pemikiran anda, maka proses hypnoarticle (menghipnotis pikiran seseorang melalui artikel blog) makin mudah merasuk ke pikiran mereka. Emangnya bisa menghipnotis pikiran melalui artikel? Bisa aja dong. Saya sendiri mengalaminya. Saat baru mengenal dunia blogging, saya telah tersihir oleh daya magis seorang Joko Susilo sehingga tanpa sadar saya telah menceburkan diri ke dunia blogging hingga detik ini. Dan banyak newbie lainnya yang mengalami seperti ini. Cuma sebagian besar
dari mereka tidak berani mengakuinya.
akutulis.com
dari mereka tidak berani mengakuinya.
akutulis.com
Membangun komunitas blog mungkin terdengar sebagai perbuatan maha berat bagi seorang newbie. Saya pun pada awalnya berpikir demikian. Untuk punya penggemar tetap‟ harus jadi blogger sukses dulu. Harus punya produk yang telah dipasarkan ribuan affiliate-nya. Plus punya bukti otentik berupa beberapa rekening bank terkemuka. Kalau perlu ditampilkan juga screen shoot penghasilan online. Wuihh, kelihatannya too high banget ya. Idealnya sih memang demikian. Jadi pebisnis online yang punya system otomatis yang mampu mengalirkan uang ke rekening bank bahkan pada waktu kita tertidur pulas. Padahal faktanya, Anda tidak harus menjadi orang sukses untuk mempunyai sebuah komunitas blog.
Menurut saya, ada 2 alasan kenapa pengunjung dengan setia bolak-balik membaca artikel Anda. Beberapa diantaranya adalah:
1. Mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh blog lain.
Keunikan tersebut bisa berupa penyajian artikel dengan bahasa gaul, renyah dan mudah dipahami. Ada juga yang unik karena menggunakan themes yang tidak biasa. Pokoknya, segala hal yang berhasil ditangkap oleh panca indera pengunjung dan menimbulkan kesan mendalam di hati mereka, itulah nilai unik yang Anda punya. Keunikan ini tidak harus berkonotasi positif. Bahkan blog yang mampu membangkitkan kemarahan, kejengkelan dan dongkol di hati pembaca, itu juga sisi khas yang patut diperhitungkan.
2. Menyajikan artikel bermanfaat secara konsisten.
Dua kata kunci di atas adalah „manfaat‟ dan „konsisten‟ Banyak blog yang berlomba-lomba menawarkan artikel tetapi tidak kontinyu alias kadang waras kadang kumat. Hahaha. Tidak mudah memang. Mengingat selalu ada daya tarik untuk keluar dari standard penulisan yang Anda miliki.
Dua kata kunci di atas adalah „manfaat‟ dan „konsisten‟ Banyak blog yang berlomba-lomba menawarkan artikel tetapi tidak kontinyu alias kadang waras kadang kumat. Hahaha. Tidak mudah memang. Mengingat selalu ada daya tarik untuk keluar dari standard penulisan yang Anda miliki.
Tahap Membangun Komunitas Maya
Menurut Romi Satria Wahono dalam blog pribadinya, membangun komunitas di dunia maya adalah hal unik dan menantang. Mengapa dikatakan demikian? Komunitas di internet adalah kumpulan orang-orang yang mudah menyatu sekaligus mudah terpisah. Perekat antar anggota komunitas sangat tipis. Beliau menyebutnya sebagai ISeSoSBI. Singkatan dari Identification - Segmentation - Solution - Selling - Branding - Innovation.1. Identification
Mengidentifikasi segenap potensi dan kempetensi yang kita miliki adalah langkah pertama. Anda harus bisa membedakan antara potensi dan kompetensi. Potensi mengacu kepada kemampuan yang Anda miliki, sedangkan kompetensi lebih kepada daya saing yang Anda miliki di satu bidang. Boleh jadi potensi Anda ada di bidang penulisan. Tapi siapa sangka justru kompetensi Anda adalah menjadi seleblogger sekaligus selebritis dunia entertainment. Who knows!
Selain itu, patut Anda identifikasi pula potensi yang dimiliki kawan ngeblog Anda. Tujuannya apa? Siapa tahu suatu saat Anda berpeluang bergabung dengannya dalam sebuah join venture. Jika sejak awal Anda telah mampu mengidentifikasi poin-poin penting yang dimilikinya, tentu hal tersebut menjadi nilai plus dalam JV tersebut.
2. Segmentation
Anda harus paham segmentasi yang sedang Anda hadapi. Tentu Anda tidak mau menyamaratakan antara komunitas blog penggila sepakbola dengan blog marketing. Setiap tema blog memerlukan cara yang unik dan berbeda untuk menaklukkannya. Disinilah Anda dituntut jeli menganalisa karakter masing-masing blog.
3. Solution
Setelah mberhasil memetakan segmentasi blog, tentu saja Anda akan mendapati kenyataan bahwa setiap komunitas memiliki permasalahan yang unik. Cobalah menjadi trend setter dengan memberi solusi alternative yang mampu menjawab berbagai permasalahan yang ada.
4. Selling.
Selling disini tidak berarti menjual sebuah barang atau jasa lalu mendapatkan imbal balik sejumlah uang. Selling yang dimaksud adalah kemampuan menjual solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi. Harus dijelaskan pula manfaat dan fitur solusi yang anda tawarkan.
Selling disini tidak berarti menjual sebuah barang atau jasa lalu mendapatkan imbal balik sejumlah uang. Selling yang dimaksud adalah kemampuan menjual solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi. Harus dijelaskan pula manfaat dan fitur solusi yang anda tawarkan.
5. Branding
Seperti telah saya sebut di atas, daya jual problem solving yang Anda tawarkan akan semakin tinggi bila Anda memiliki branding yang bagus. Sebaliknya, lemahnya branding yang dimiliki seseorang akan berimbas kepada usaha yang lebih besar dalam meyakinkan public.
6. Innovation
Setelah solusi berhasil Anda ciptakan, branding juga sudah didapat, maka satu hal yang wajib anda lakukan secara kontinyu adalah inovasi. Inovasi bisa dilakukan dengan beragam metode. Dari yang moderat hingga radikal.
Setelah solusi berhasil Anda ciptakan, branding juga sudah didapat, maka satu hal yang wajib anda lakukan secara kontinyu adalah inovasi. Inovasi bisa dilakukan dengan beragam metode. Dari yang moderat hingga radikal.
Membangun Komunitas Melalui Jejaring Sosial
Anda senang berselancar di website jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter? Nah, tidak ada salahnya Anda mencantumkan profil Anda tersebut pada Google Profile Search. Tujuannya tidak lain supaya nama Anda makin beken di mesin pencari terpopular tersebut. Dengan membuat profil Anda di Google Profile, maka ketika Anda mengetik nama Anda di search engine tersebut, maka profil Anda akan mudah ditemukan. Tentunya ini akan membantu proses indexing yang Google lakukan. Memang bukan hal mudah dalam meng-index profile ataupun pencarian, Google sendiri memiliki teknik dan algoritma yang tidak mudah dipahami sehingga mampu menampilkan halaman mana saja yang akan menjadi halaman bagian atas dari keyword yang diisi oleh pengguna.
Menurut Joe Kraus, Direktur Product Management dari Google Apps Group, Google mencoba lebih mewadahi pencarian profil yang lebih relevan dan sesuai dengan konten yang dibutuhkan pengguna. Untuk dapat mengilustrasikan kegunaan dari fitur ini, Kraus memberikan contoh atas nama Brian Jones, salah satu gitaris dari Rolling Stone, biasanya bila kita mencari profil dengan cara yang biasa, akan begitu banyak hasil yang muncul namun dari segi relevansinya sendiri, ya harus kita yang mengecek. Tapi bila Anda membuat profile Anda di sini, tentu hasilnya adalah apa yang Anda buat tersebut sebagai profile Anda di Google Search.
Anda tertarik untuk membuat profile Anda dengan fitur ini, untuk dapat menikmati layanan ini, Anda harus memiliki akun. Nah, sudah siap beken, ayo coba fitur yang satu ini!
Manfaat Pertemuan Offline
Pada Bab 1 telah saya singgung sekilas tentang pertemuan offline. Mengapa perlu mengikuti pertemuan offline (lebih umum disebut kopi darat atau kopdar)? Pertanyaan ini tidak tepat jika diberikan kepada blogger pemula yang belum pernah kopdar. Justru Anda yang sudah pernah bertemu face to face akan sepakat mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang ditawarkan acara kumpul-kumpul para blogger. Diantaranya adalah:
1. Ajang bertukar ilmu dan pengalaman seputar ngeblog.
Jika selama ini Anda banyak mengandalkan Google dan buku cetak sebagai referensi ilmu-ilmu tentang ngeblog, hal yang unik akan Anda dapatkan dari kopdar. Mungkin bukan berupa teks tertulis dengan struktur kata baku yang sering memusingkan kepala. Tetapi berupa tips dan trik kecil namun menjadi pemecahan masalah yang Anda alami.
1. Ajang bertukar ilmu dan pengalaman seputar ngeblog.
Jika selama ini Anda banyak mengandalkan Google dan buku cetak sebagai referensi ilmu-ilmu tentang ngeblog, hal yang unik akan Anda dapatkan dari kopdar. Mungkin bukan berupa teks tertulis dengan struktur kata baku yang sering memusingkan kepala. Tetapi berupa tips dan trik kecil namun menjadi pemecahan masalah yang Anda alami.
2. Sarana menunjukkan eksistensi diri.
Ingatlah ilmu „Setiap Blogger Adalah Artis‟. Kopdar menjadi bukti keberadaan Anda. Misalnya Anda memajang sesi foto bersama ke dalam posting blog. Tanpa diminta, gambar tersebut seolah berbicara “Ini lho wajah blogger Sukabumi yang paling cakep di dunia dan akherat”. Apakah narsis? Memang iya. Tapi tidak masalah kok. Justru blogger yang tidak berani nampang di depan kamera yang biasanya bernyali ciut dan susah beranjak dari keterbatasan dirinya.
3. Membuka peluang bagi proses brainstorming yang efektif.
Saya sering mengalami luapan ide-ide penulisan saat mengikuti kopdar dengan rekan-rekan blogger Surabaya. Sudah dapat dipastikan saya selalu membawa buku catatan kecil sebagai pengingat poin-poin penting yang terlempar dari benak saya. Maka tak mengherankan begitu sampai rumah saya akan menjadi kesurupan menulis artikel blog. Mulai dari sekedar menceritakan rincian acara, sampai kepada hikmah terselubung yang tersisa dalam otak saya.
4. Media promosi yang efektif bagi bisnis Anda.
Bisnis dan pertemanan bedanya tipis sekali. Itu yang saya alami dalam pekerjaan offline. Tidak terkecuali dalam bisnis online. Dari percakapan ringan dengan sesama peserta kopdar sering saya dapati pertanyaan-pertanyaan kecil seputar jasa penulisan artikel yang saya geluti. Padahal saya belum memulai pembicaraan tentang hal itu lho. Keberanian menceritakan bisnis yang Anda tekuni setidaknya akan membuka peluang bagi datangnya order dari kawan blogger terdekat.
5. Meningkatkan motivasi ngeblog.
Meski Anda sudah sering bolak-balik mengunjungi beberapa blog dengan tema motivasi, namun saya yakin Anda belum sepenuhnya mendapat suntikan motivasi yang mampu menggerakkan langkah Anda ke dalam action nyata. Lain halnya jika Anda bertatap muka dengan kawan blogger. Hampir semua panca indera dilibatkan dalam interaksi ini. Plus penggunaan indera keenam bila Anda sadari.
6. Terbuka peluang bagi potensi bisnis online yang lain.
Pulang kopdar dan mendapat order proyek bisnis online? Apakah hal tersebut mungkin? Jawabnya: sangat mungkin. Ada kalanya para webmaster bergerilya dari mall ke mall untuk mendapatkan blogger berbakat yang mampu menjadi freelancer andal untuk menghandle layanan konsumen mereka.
Nah, itu baru beberapa manfaat yang terlihat dari pengamatan saya. Masih ada manfaat-manfaat lain yang bersifat pribadi dan ini bersifat optional. Misalnya: kopdar sebagai acara penghilang stress, ajang mencari jodoh, pencerahan spiritual, mendiskusikan hobby dan minat dan lain-lain.
Bagaimana mengetahui kalau ada acara kopdar? Disinilah kemampuan bergaul Anda diuji. Peran sosial media seperti Facebook dan Twitter menjadi penting dalam hal kemudahan penyebaran informasi. Jadi, kalau buka akun Facebook jangan cuma dipakai buat ngegame saja. Perhatikan juga informasi yang tertulis di timeline.
Nggak lucu dong kalau Anda beralasan nggak pernah ikut kopdar cuma karena alasan “Wah, sudah ada kopdar ya? Aku ketinggalan info nih…” Kalau mendengar komentar seperti itu, saya lebih suka menjawab ”Kemana aja loe, habis berburu dinosaurus ya?”
Hambatan yang umumnya terjadi kepada blogger pemula untuk ambil bagian dalam kegiatan kopdar adalah rasa minder, nggak pede, nervous ketemu master blogger dan sejenisnya. Mulai sekarang buang jauh-jauh racun pikiran tersebut. Mereka juga manusia sama seperti Anda yang membutuhkan interaksi timbal balik dan saling berkepentingan.
Percaya deh, begitu Anda sukses mengikuti kopdar pertama, saya yakin Anda akan ketagihan untuk mengikuti kopdar-kopdar berikutnya. Hal ini akan menjadi permulaan yang baik untuk melengkapi status Anda sebagai seleblogger yang tidak sekedar mengandalkan popularitas, tapi juga mampu menilngkatkan nilai tambah (added value) dan membawa manfaat bagi pengunjung blog Anda.
Selamat mencoba! Sudah siap menjadi the blogger profesional?