Tuesday 21 May 2013

Opini "Teknologi Canggih"

 
Betapa pentingnya ilmu pengetahuan itu dimiliki, dituntut walau sampai ke Negara China. Ilmu ketatanegaraan, pertanian, perobatan, teknologi dan lain-lain sebagainya.

Setelah selesai masa tuntutan, ilmu-ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki bawalah pulang keluhur untuk ditumbuh kembangkan. Cipta, ciptakanlah karya-karya dengan onderdil-onderdil yang ada di sana maka terciptalah itu apa yang dikatakan produk kita.

Sesuai dengan perkembangan teknologi canggih, sebagian hasilnya memang canggih dalam pemanfaatan. Disisi lain melorot ke zaman tempo doeloe, merantau dan mencari nafkah ke tempat lain dengan modal kekuatan fisik, karena belum memiliki kekuatan rasio (otak).

Dari internet kita mengetahui kejadian/perkembangan, dari internet pula diketahui didaerah sana kesana mencari pekerjaan, bukannya mengharapkan ilmu-ilmu pengetahuan yang telah dimiliki, sebagaimana mereka. Misalnya Batam, Lampung, Bangka Belitung dan lain sebagainya.

Kita sudah terbiasa mendatangi makanan-makanan lezat yang telah terhidang dan bangsa pula mencicipinya. Seharusnya kitapun harus bisa menciptakan makanan-makanan enak untuk disantap dari menu-menu khasnya, kemudian mempersilakan tamu-tamu yang datang untuk mencicipinya.

"Indonesiaku, Indonesiamu, Indonesia kita semua"
 
Wahai para pemuda-pemudi harapan bangsa, terapkanlah ilmu-ilmu pengetahuan yang sudah dimiliki, dikampung leluhur (kodrat), supaya terciptanya Indonesia kita yang stabil, kemudian kitapun dapat bergerak kemana-mana, dari Sabang hingga Merauke. "Oh Indonesiaku"

Syahruddin
Mantan Atlet Tri Lomba Nasional